Arab Saudi Resmi Umumkan Ibadah Haji Tahun Ini Tetap Berlangsung dengan Jumlah Terbatas

58

Pemerintah Arab Saudi telah memutuskan untuk tetap menggelar pelaksanaan ibadah haji tahun ini (1441 H/2020 M) dengan jumlah yang sangat terbatas. Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengatakan haji tahun ini hanya dikhususkan bagi jemaah dari dalam negeri Saudi saja, baik untuk warga negara Saudi maupun warga negara asing dari berbagai negara yang telah berdomisili di Arab Saudi.

“Mengingat kelanjutan pandemi coronavirus dan risiko infeksi menyebar luas di ruang terbuka dan pertemuan besar, telah diputuskan bahwa Haji untuk tahun ini akan diadakan dengan jumlah jemaah yang sangat terbatas dari berbagai kewarganegaraan yang telah tinggal di Arab Saudi,” ungkap Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, seperti dilansir dari Saudi Gazette, Selasa, (23/6/2020).

“Keputusan ini diambil untuk memastikan pelaksanaa Haji dilakukan dengan cara yang aman dari perspektif kesehatan sambil mengamati semua langkah-langkah pencegahan dan protokol jarak sosial yang diperlukan untuk melindungi manusia dari risiko yang terkait dengan pandemi ini dan sesuai dengan ajaran Islam untuk melestarikan dan menjaga kehidupan manusia,” tambah pernyataan tersebut.

Prioritas utama Kerajaan Arab Saudi adalah untuk selalu memungkinkan para jemaah untuk menunaikan ibadah haji dan umrah dengan aman dan nyaman. Kerajaan telah memperhatikan hal ini sejak awal pandemi Covid-19 dengan mengambil semua tindakan terbaik untuk melindungi para jemaah, termasuk dengan menangguhkan masuknya para jemaah umrah baru sambil memastikan keamanan para jemaah yang sudah hadir di Tanah Suci.

“Kami memohon kepada Allah Subhanahu Wa Taala untuk melindungi semua negara dari pandemi ini dan memberikan perlindungan dan keamanan bagi semua manusia,” tambah pernyataan tersebut. (DH/MTD)

Sumber : Lensaislam.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here