Bolehkah Mendatangi Dukun untuk Mencabut Susuk?

54

Ibu saya pernah memakai susuk kecantikan di waktu mudanya, apakah kami boleh mendatangi dukun untuk mencabut susuk tersebut atau apa yang harus kami lakukan?

Jawaban : Susuk kecantikan adalah termasuk dari sihir dan bentuk dari jimat, maka dalam hal ini hendaklah dia berupaya untuk mencabutnya. Kalau dia tidak tahu lagi dimana tempatnya dan harus minta tolong kepada dukun, maka jangan pergi ke dukun.

Bertaubatlah kepada Allah Subhanahu Wa Taala dengan cara menyesali dan berlepas diri dari susuk tersebut. Dan ketika kita telah mengetahui dimana letak susuk tersebut, maka hendaklah berupaya untuk mencabut/mengeluarkan susuk tersebut (dengan meruqyah) sehingga kita bisa terlepas dari jimat itu.

Sebagaimana Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah melihat gelang jimat di lengan seseorang, lalu Nabi memerintahkan untuk melepasnya.

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- أَبْصَرَ عَلَى عَضُدِ رَجُلٍ حَلْقَةً أُرَاهُ قَالَ مِنْ صُفْرٍ فَقَالَ « وَيْحَكَ مَا هَذِهِ ». قَالَ مِنَ الْوَاهِنَةِ قَالَ « أَمَا إِنَّهَا لاَ تَزِيدُكَ إِلاَّ وَهْناً انْبِذْهَا عَنْكَ فَإِنَّكَ لَوْ مِتَّ وَهِىَ عَلَيْكَ مَا أَفْلَحْتَ أَبَداً

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melihat di lengan seorang laki-laki ada gelang jimat. Laki-laki itu berkata bahwa gelang itu terbuat dari kuningan. Lalu Nabi berkata : “Untuk apa engkau memakainya?, Laki-laki tadi menjawab : “Ini dipasang untuk mencegah penyakit wahinah.” Nabi bersabda : “Gelang tadi malah membuatmu semakin lemah. Buanglah! Seandainya engkau mati dalam keadaan masih mengenakan gelang tersebut, engkau tidak akan beruntung selamanya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Oleh karena itu berupayalah kita untuk mengeluarkan susuk tersebut, dan kalau seandainya kita tidak dapatkan, maka bertaubatlah kepada Allah Subhanahu Wa Taala dan tidak mendatangi dukun lagi untuk membukanya. Wallahu a’lam

Sumber : Mimbarsalaf.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here